Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
3.1.
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
·
Isi Teks Prosedur.
|
·
Menunjukkan pernyataan
umum dalam suatu kegiatan
·
Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
·
Mengungkapkan pernyataan
umum dan tahapan-tahapan secara lisan
·
Menuliskan pernyataan
umum dan tahapan-tahapan
|
4.1.
Merancang pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan
dan tulis
|
||
3.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks prosedur
|
Teks Prosedur:
·
struktur;
·
kebahasaan;
·
konjungsi ;
·
jenis kalimat; dan
·
verba material dan verba tingkah laku.
|
·
Mengungkapkan kembali
struktur teks prosedur
·
Mengungkapkan kembali
aspek kebahasaan teks prosedur
·
Menyususn rancangan
garis besar suatu prosedur
·
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatijan struktur dan kebahasaan
|
4.2.
Mengembangkan teks prosedur dengan
memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
||
3.3.
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
·
pengertian;
·
isi; dan
·
kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas.
|
·
Memahami informasi
berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca
·
Menemukan makna tersirat
dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
·
Menyusun bagian-bagian
pokok teks eksplanasi
·
Menyajikan hasil teks
eksplanasi
|
4.3.
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan
tulis
|
||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
·
Struktur;
·
Kebahasaan; dan
·
Konjungsi.
|
·
Mengidentifikasi struktur
teks eksplanasi
·
Menelaah kebahasaan teks
eksplanasi
·
Menentukan pola
pengembangan dalam menulis teks eksplanasi
·
Menulis teks eksplanasi
berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
4.4.
Memproduksi teks eksplanasi secara
lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
||
3.5.
Mengidentifikasi informasi berupa
permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
·
unsur-unsur;
·
kebahasaan; dan
·
isi.
|
·
Memahami informasi dan permasalahan
yang didengar atau yang dibaca
·
Menemukan informasi dan
permasalahan aktual dalam teks ceramah
·
Menelaah bagian-bagian
penting dalam teks ceramah
·
Menemukan kalimat
majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
4.5.
Menyusun bagian-bagian penting dari
permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
||
3.6.
Menganalisis isi, struktur, dan
kebahasaan dalam ceramah
|
Teks ceramah:
·
isi;
·
struktur;
·
kebahasaan; dan
·
teknik orasi ceramah.
|
·
Mengidentifikasi
struktur teks dalam ceramah
·
Mengidentifikasi kaidah
kebahasaan dalam teks ceramah
·
Menentukan aspek-aspek
yang disunting dalam teks ceramah
·
Menyampaikan hasil
suntingan teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi, vokal, gestur,
ekspresi, dan intonasi
|
4.6.
Mengkonstruksi ceramah tentang
permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat
|
||
3.8.
Mengidentifikasi nilai-nilai
kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
Cerpen:
·
Isi cerpen
·
Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·
Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·
Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
·
Memahami informasi
tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek
·
Menemukan nilai-nilai
kehidupan dalam cerita pendek
·
Menentukan nilai kehidupan
dalam teks cerita pendek
·
Mendemonstrasikan nilai
kehidupan dalam teks cerita pendek
|
4.8.
Mendemonstrasikan salah satu nilai
kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
|
||
3.9.
Menganalisis unsur-unsur pembangun
cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
·
Unsur-unsur pembangun cerpen
·
Merekonstruksi cerpen.
|
·
Menentukan unsur-unsur
pembangun cerita pendek
·
Menelaah teks cerita
pendek berdasarkan struktur dan kaidah.
·
Menentukan topik tentang
kehidupan dalam cerita pendek
·
Menulis cerita pendek
dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun
|
4.9.
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek
dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
MA NW Suralaga Merupakan Sekolah Yang Memiliki Daya Tarik Yang Sangat Baik Karena Tata Letak Bangunannya Yang di Desain Rapi oleh Guru-Guru Kreatif MA NW Suralaga, dan lengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai ( lab.Ipa,lab.komputer, lab.Mesin jahit Listrik,drumaband,Band, taman yang luas nan Indah,lapangan basket, volly,sepak takro,putsal mushalla yang luas, kopsis)...Mari Bergabung Bersama Kami _ Hubungi Hp: 087864725812
Thursday, November 14, 2019
KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMUA JURUSAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment